animasi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sabtu, 12 Desember 2015

AMALIA SUNNAH SEBELUM TIDUR



Rasulullah saw pernah berkata kepada Aisyah “Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan 4 hal.
Pertama  : menghatamkan al-Qur’an. Yaitu : (Qul huwallau ahad ... hingga selesai di baca sebanyak 3x)

Kedua : menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Yaitu :  (Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami’il anbiya’ wal mursalin 3x ), 

Ketiga : meminta ridha dari semua kaum muslimin. Yaitu : ( Allahummaghfirli wa liwalidayya wa li jami’il muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat, 1x)

Keempat : melaksanakan haji dan Umrah. Yaitu : ( Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim, 7x) 

Kemudian Aisyah menjawab “bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?” seraya tersenyum Rasulullah saw berkata “Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur’an. Dan apabila engkau bershalawat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu. Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah :

 Siapa yang membaca ayat Kursi sebelum tidur, maka ia akan terus dijaga oleh Allah dan terlindungi dari gangguan setan hingga pagi hari. HR. Bukhari no. 3275

            Mengumpulkan dua telapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. Kemudian dua telapak tangan tersebut mengusap tubuh yang dapat dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan. Semisal itu diulang sampai tiga kali. HR. Bukhari no. 5017 dan Muslim no. 2192.

  Allahumma qinii ‘adzaabak, yawma tab’atsu ‘ibaadak.
“Ya Allah, jauhkanlah aku dari siksaanMu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hambaMu (yaitu pada hari kiamat).” (Dibaca 1 x).
Faedah: Apabila Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam hendak tidur, beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipinya, kemudian membaca dzikir di atas. HR. Tirmidzi no. 3398 dan Abu Daud no. 5045. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan hadits ini shahih. Syaikh Al Albani mengkritik tentang penyebutan dzikir ini tiga kali. Yang tepat riwayat tersebut tanpa penyebutan tiga kali. Lihat As Silsilah Ash Shahihah no. 2754, 6: 588.

Bismika allahumma amuutu wa ahyaa.
“Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup.” (Dibaca 1 x) HR. Bukhari no. 6312 dan Muslim no. 2711.
 

Tidak ada komentar: