animasi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Minggu, 03 Januari 2016

Niat wudhu dan doa sesudah berwudhu


Keutamaan-keutamaan wudhu' antara lain bahwa wudhu' itu dapat melebur dosa-dosa, berdasar hadits yang di­riwayatkan oleh Muslimdan Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Jika seorang hamba Muslim berwudhu ', maka ia membasuh mukanya, maka bersama air yang berjatuhan itu keluar dariwajahnya setiap kesalahan (dosa) yang dilihat oleh kedua mata kepalanya, atau keluar bersama titik terakhir dari nir wudhu'-nya itu, danjika ia membasuh kedua kakinya, setiap dosa yang dilakukan kedua kakinya keluar bersama air yang dipakai wudhu' atau bersama titik terakhir dari air itu, sehingga ia keluar dalam keadaan suci dari dosa-dosa"

Hendaknya kita juga membiasakan dalam diri kita dan mengajarkannya kepada anak-anak kita untuk mengerjakan shalat sunah dua raka'at setiap sesudah wudhu', sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad dari 'Uqbah bin 'Amir Al-Jahni ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

"Tidaklah seorang Muslim berwudhu' dan ia menyempurnakan wudhu'nya, kemudian mengerjakan shalat dua raka'at sesudah­nya, dikerjakan dengan hati dan wajahnya, kecuali diwajibkan baginya surga ".)


Tidak ada komentar: