animasi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selasa, 11 Oktober 2016

Menjaga Shalat lima waktu Surga Janji Allah

Menjaga shalat lima waktu adalah kewajiban bagi setiap mukmin dan muslim

Shalat lima waktu yang dijaga oleh setiap mukmin dan muslim, tidak akan sia-sia. Karena Allah SWT  membalas dengan sebaik-baik pahala.  Mereka akan memperoleh beberapa keutamaan. Antara lain:

·        Mendapatkan janji sorga 

Rasululloh SAW telah meriwayatkan Firman Alloh dalam hadis Qudsi:
Dari Abu Qotadah, Rasululloh SAW bersabda, Alloh SWT berfirman,“Aku wajibkan pada umatmu sholat lima waktu.Dan Aku membuat satu perjanjian,“Orang yang menjaga sholat lima waktu,maka akan Aku masukkan ke dalam sorga.Siapa yang tidak menjaganya,maka Aku tak menjanjikannya.”( HR.Abu Daud )[1]

·        Mendapatkan pahala seluruh malaikat.

Sahabat Muadz bin Jabal dan Jabir bin Abdulloh r.a. meriwayatkan, bahwa ketika Nabi Muhammad SAW diperjalankan ke langit pada malam Isra’ Mi’raj, beliau menyaksikan ibadah para malaikat penghuni tujuh langit.

Pada langit pertama,  beliau menyaksikan para malaikat terus menerus berdzikir kepada Alloh SWT semenjak mereka diciptakan.

 Pada langit kedua, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus ruku’ semenjak mereka diciptakan.

Pada langit ketiga, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus sujud semenjak mereka diciptakan. Pada saat beliau memberikan salam, mereka bangkit dan menjawabnya. Kemudian mereka pun melanjutkan sujudnya kembali sampai hari kiamat. Karena itulah, shalat yang dilakukan saat ini juga memerlukan sujud dua kali pada tiap rakaatnya.

Pada langit keempat,  beliau menyaksikan para malaikat terus menerus duduk tasyahud.

Pada langit kelima, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus membaca tasbih.

Pada langit keenam, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus membaca takbir dan tahlil.

Pada langit ketujuh, beliau menyaksikan para malaikat terus menerus melakkan penyerahan diri semenjak mereka diciptakan.

Menyaksikan peribadahan para malaikat yang begitu menakjubkan ini, dalam hati, Nabi SAW terbersit keinginan, “Betapa senangnya apabila diriku dan seluruh umatku dapat melakukan ibadah seperti yang dilakukan oleh para malaikat penghuni tujuh langit.”Alloh Maha Tahu. Dia rangkaikan semua gerakan ibadah yang telah diperagakan para malaikat penghuni tujuh langit dalam bentuk shalat. Alloh SWT berfirman, “Siapa yang mengerjakan shalat 5 ( lima ) waktu, maka akan memperoleh pahala seperti pahala peribadatan yang dilakukan oleh para malaikat tujuh langit.”

·        Di ampuni dosa-dosa
Shalat lima waktu mempunyai beberapa keistimewaan dibandingkan semua ibadah wajib lainnya,  Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Shalat lima waktu dan shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya selama tidak melakukan dosa besar.” (HR. Muslim no. 342)

Dari Utsman bin Affan radhiallahu anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Tidaklah seorang muslim didatangi shalat fardlu, lalu dia membaguskan wudlunya dan khusyu’nya dan shalatnya, melainkan itu menjadi penebus dosa-dosanya terdahulu, selama dia tidak melakukan dosa besar. Dan itu (berlaku) pada sepanjang zaman.” (HR. Muslim no. 335

Tidak ada komentar: